Diskusi : Sumber Motivasi Belajar Menulis

SUMBER MOTIVASI BELAJAR MENULIS

Sharing ya Sahabat Inspirasi-Ku,

Menulis merupakan hobi yang sangat menyenangkan. Banyak diantara penulis baik yang masih belajar maupun yang sudah profesional mengakui hal ini. Bahkan mereka sepakat kalau menulis juga bisa dijadikan terapi ketika pikiran sedang penat karena beban yang menghimpit.

Kegemaran menulis yang kemudian diikuti dengan kebiasaan dan pada akhirnya menjadi mahir membuat siapapun menjadi profesional di bidang ini. Tetapi  apa dan siapa sebenarnya yang pada awalnya memengaruhi para penulis ini sehingga tidak mau lepas dari dunia menulis. Apakah pergaulan, hobi membaca atau tuntutan dari guru Bahasa dan Sastra di sekolah.

Nah, saya mohon sahabat-sahabat Inspirasi-Ku memberikan masukan apakah Pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah, guru dan cara mengajarnya memengaruhi sahabat semua sehingga selalu rajin menulis.

Berikut pertanyaan-pertanyaannya, silakan dijawab dalam 1 comment sekaligus ya :

1. Apakah kamu suka dengan pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah, sebutkan alasannya?

2. Bagaimana cara Guru bahasa Indonesia kamu memberukan materi pelajaran, apakah dengan memberikan tugas, menjelaskan per-bab, atau diskusi, atau yang lainnya, jelaskan ya..

3. Kalian pasti suka pelajaran mengarang kan, ya? Apakah Jumlah Jam pelajaran mengarang sudah cukup waktunya? bagaimana metodenya, apakah Guru kamu mengomentari tulisan kamu dan membahasnya di depan kelas?

4. Apakah kamu suka mencari informasi dan pengetahuan seputar dunia menulis? dimana biasanya kamu dapatkan materi menulis yang membuat kamu semakin giat dan membuat tulisan kamu semakin baik?

Mudah-mudahan jawaban kamu bisa menginspirasi siapapun yang membaca dokumen ini.

terima kasih ya sahabat..
salam Inspirasi-Ku

AK-RBPI


    • Khansa' Asta'andokowicaksono
      Sejujurnya aku tidak bgitu menyukai plajaran bhasa indonesia ,hanya sajah kalau saat bab mengarang cerpen itu baru aku suka,,guruku menjelaskannya hanya sekilas sajah,nggak menjelaskan dgn detail,cerpenku tidak pernah dikomentari guru,tetapi banyak teman2ku yg bilang cerpenku menarik,,aku sangat senang menulis,kalau ada waktu senggang aku iseng mnulis,kalau lagi banyak ide aku bsa mengarang sampe selesaai dlam waktu 1 jam :),,seperti karangan FTS yg aku kirim itu aku mngarangnya menghabiskan waktu hanya satu jam,dan aku lagi mood bgd,apalagi aku ingat tujuanku untuk memenangkan lomba,aku tetap optimis mengikuti lomba cerpen online,mskipun ga menang aku akan brusaha slalu :)
      I ♥ writing

      19 Januari pukul 17:15 melalui seluler · · 1

    • Marlyn SaimaruChrist BlueAngel
      ‎1. Jujur, aku biasa saja dalam pelajaran ini. Tak ada yang terlalu ku sukai atau ku benci. Tapi dari dulu, guru bahasa Indonesiaku adalah mereka yang selalu bersedia memberi masukan atas hobiku. Dan ada beberapa dari mereka yang bahkan menjadi teman curhat andalanku.

      2. Pada umumnya pelajarannya sama. Menjelaskan lalu memberi tugas. Walau kebiasaanku dari dulu, senang tidur di kelas, tidak terkecuali pelajaran bahasa Indonesia.

      3. Wah! Di sekolahku tidak ada jam untuk mengarang. Mengarang atau membuat cerpen biasanya ku lakukan sendiri di rumah atau waktu senggang, lalu jika ada waktu maka aku akan meminta komentar guruku.

      4. Suka sekali! Selain untuk mengisi waktu juga untuk menambah ilmu.
      Kalau sumber utama tidak pasti sih, tapi biasanya mbah google adalah andalanku.

      :D

      19 Januari pukul 17:20 melalui seluler · · 1

    • Khansa' Asta'andokowicaksono Ohyaa,aku lupa,aku juga sering mencari tahu tentang ajang lomba menulis cerpen smuaa aku ubrek2,,info tentang lomba cerpen,aku juga suka browsing tips menjadi penulis yang profesional,,
      Dan alhamdullillah sdikit demi sdikit aku bisa bermain nd merangkai sbuah ide cerita dan ku tuang dalam karangan cerpen,,,
      ~(‾▿‾)~ ~(‾▿‾)~

      19 Januari pukul 17:21 melalui seluler · · 1

    • Cahyaning Respati Putri
      ANSWER:
      1. Ya, saya suka pelajaran bahasa indonesia. alasannya sih awalnya punya pengalamn gak enak ya. Dulu sewaktu gue SMP guru bahasa indonesia gue bener-bener KILLER! Setengah mati galaknya. Semua murid disuruh bisa memahami pelajaran itu. Awalnya sama pelajaran itu gue bener-bener eneg banget sampe pernah beberapa kali bolos sekolah untuk menghindari pelajaran yang membuat saya GILA!
      And Now, setelah gue memahami lebih dalam dan nilai gue mulai baik pada pelajaran bahasa indonesia, gue mulai tertarik dengan bahasa indonesia. sampe akhirnya gue nulis cerpen (iseng-iseng) dan ternyata WOW! CERPEN GUE DI TEMPEL DI MADING SECARA DIAM-DIAM OLEH SI GURU KILLER ITU. Bahkan gue langsung diikut sertakan dalam lomba mading se DKI JAKARTA #shockmendadak
      Nah, dari situ lah gue mencoba membuat novel :D
      2. Cara mengajarkan ya? Ya seperti kebanyakan para guru sih dari gue SMP sampe SMA. Semua konsep itu dipakai dari mulai memberikan tugas, menjelaskan per-bab, atau diskusi. Gitu sampe disuruh baca novel dan mencari unsur intristik/ektrinsik, penilaian membaca berita, nyari tugas lewat koran seperti opini, dll.
      3. Iya suka, kalau masalah waktu tergantung kita juga ya? Apakah imajinasi atau ide yg masuk sangat luas dan tinggi atau hanya sepintas. itu tergantung dari kita setiap individu sih mengaturnya. Metodenya ya biasa aja, apalagi guru SMA disekolah gue ngasih penjelasan/keterangan dan langsung buat hari itu juga (dosen kalah kayaknya) -____-"
      ya! Itu sih pasti ya kalau dibahas didepan kelas. Tapi dicari yg mempunyai imajinasi dan inspirasi yg bagus a.k.a dipilih untuk yg dipresentasikan didepan kelas... (tapi mengapa oh mengapa yg pertama selalu gue?)
      4. Ya gue suka mencari informasi lah lewat "mbah gugle" hehe.
      Kalau masalah mendapatkan materi sih, dimana aja kita bisa dapet disekolah, faktor diri sendiri, teman/sahabat yg satu hobby dengan kita yg pasti bertukar pikiran lah untuk itu :)
      Karna gue anggota dari FLP Ciputat, jd gue banyak mendapatkan materi-materi yg banyak dan up to date pastinya. Jadi memperbaiki gaya penulisan gue, urutan jalan cerita yg benar, ditambah para penulis senior yg siap membantu kapan saja. Ya enjoy aja menjalankannya. Terjun kedunia tulis-menulis juga gak gampang dan asal naskah jadi. Yg penting kalau kita jd penulis kita juga harus jadi pembaca yg baik, anggap saja naskah yg kita buat itu bukan punya sendiri melainkan pny orang lain. Dan nilai sendiri apakah point-point nya sudah masuk ke dalam mood kita atau belum?
      Terutama jika kalian memilih Genre Novel Fantasi yg seperti gue dan kakak gue jalanin, maksudnya satu novel 2 penulis. (jujur gue sampe stress dan nangis ngebuat novel ini)
      Semangat and keep enjoy! Ilmu banyak dimana-mana zaman sudah modern dan canggih. Bahkan sekarang banyak kan belajar menulis online? Jangan takut buat mencoba. Kalo lo yakin, LO PASTI BISA! DAHSYAT!

      19 Januari pukul 17:36 · · 1

    • Fanny Yanuarika Saputri
      ‎1. Suka, Bahasa Indonesia biasa dipakai jadi bahasa sehari-hari. Pelajarannya asik, nggak usah ngapalin rumus-rumus yang kadang bikin otak panas, hahaha..
      2. Guru BI-ku di SMA jadi favorit, dia ngajar dengan santai tapi mengena, mulai dari membahas materi, diskusi, dan memberi tugas.
      3. Aku suka kalau ada tugas mengarang, bisa melatih imajinasi. kadang waktunya cukup, kadang juga kurang, tergantung mengarang apa. Guruku biasanya mebahas hasil karya muridnya satu persatu, diskusi dan memberikan koreksi.
      4. Iya, kalau dulu suka ke perpus buat cari referensi. kalau sekarang tinggal duduk manis di depan laptop, gabung dengan group-group penulis atau mencari info menulis lewat situs-situs.


    • Hanun Drew B
      ‎1. Jujur sih aku ga suka pelajaran b.indonesia. Aku lebih suka b.inggris. Alasannya dgn b.inggris aku bisa mengungkapkan sesuatu dengan fell yang bener2 gitu. Jadi ya kalo b.ing aku serasa dapet banget fell nya.
      2. Guru b.indo ku di SMK jujur aja ngebosenin, neranginnya per sk dan kd. Gitu deh.
      3. Aku suka kalo udah ada sesi pelajaran mengarang. Tapi sayangnya jrng ada. u,u
      4. Iya dong :D
      aku suka nyari2 tentang cara nulis gitu, bahkan aku suka sengaja searching buat nyari info tentang penulis favorit aku neil gaiman :D, nyari info buku apa aja yg bagus. Di google, cari cara2 nulis cerpen/novel di blog pokonya di web

Tidak ada komentar:

Posting Komentar