PENULIS PROFESIONAL PUN BERAWAL DARI NOL

Kalau sahabat Inspirasi baca judul notes ini, pasti sahabat setuju kalau apapun profesi seseorang yang saat ini sudah terkenal itu berawal dari ‘bukan sesuatu’. Artinya, mereka juga mengawali karier mereka dari nol, alias bukan siapa-siapa. Begitupun dengan menjadi seorang penulis. Memang sih banyak yang baru menulis satu buku langsung melejit, apalagi kalau latar belakang penulis itu memangdari awalnya sudah terkenal, seperti artis atau tokoh politik. Tapi percayalah mereka juga menjalani proses kreatif yang tidak mudah.
       Untuk menjadi seorang penulis yang baik (resultnya : tenar, dapat penghasilan besar, kaya, dll) memang memerlukan perjuangan. Mungkin Anda sering mengalami penolakan dari penerbit, dan itu membuat Anda nyaris putus asa. Ops! Jangan sampai, Sahabat. Penolakan itu adalah warning agar kita kembali belajar dan memperbaiki karya kita. Oleh karena itu lakukanlah proses belajar yang terus menerus dan tiada henti, bangun relasi dengan teman sesama penulis yang sama-sama sedang belajar, penerbit dan editor. Kita juga harus rajin memanfaatkan berbagai event dan kesempatan  yang tersedia untuk melatih dan meningkatkan hasil karya kita.
       Dalam proses belajar, sering-seringlah membaca berbagai tips dari penulis yang sudah terkenal. Kalau perlu cari mentor dan ikut kursus. Kalau tidak memungkinkan Anda bisa belajar lagi bagaimana penggunaan EYD, membuat tokoh yang memiliki karakter kuat, membuat tema yang menarik, judul yang uprodate, dll. Gali terus inspirasi dan selalu lakukan inovasi dalam berkarya. Buat karya Anda berbeda dengan karya orang lain yang sudah ada. Jangan lupa selalu membaca untuk memperkaya wawasan dan mengasah imajinasi dan pemakaian bahasa.
      Jika Anda tidak memiliki mentor khusus, Anda bisa memanfaatkan teman-teman Anda yang suka membaca, apalagi yang suka menulis untuk membaca dan mengomentari karya Anda. Kalau Anda mau publish karya Anda dalam Notes atau blog pribadi dan mintalah komentar dari teman-teman Anda. Sepedas apapun komentar dari teman-teman Anda terimalah itu sebagai sebuah masukan yang positif untuk membuat karya yang lebih baik. Beruntung sekali kalau Anda punya teman seorang editor yang mau berbagi ilmu dan bahkan membantu Anda mengoreksi naskah Anda. Karenanya perbaiki pergaulan Anda dnegan lingkungan, manfaatkan fasilitas tekhnologi untuk memperkenalkan diri Anda dan karya Anda seperti facebook, web, blog, BB, dll. Bergabunglah dengan grup-grup yang anggotanya adalah para penulis, seperti grup Inspirasi-Ku ini.  Berbagi info dan saling memberikan masukan pasti akan membuat pertemanan Anda jauh lebih menyenangkan.
      Dan yang terakhir, manfaatkan event-event  lomba yang digelar oleh  berbagai intitusi baik yang perusahaan penerbitan maupun grup perorangan yang menerbitkan karyanya melalui penerbit indie. Tidak perlu memikirkan hadiah yang disediakan panitia yang kadang relatif tidak sebanding dengan usaha kita untuk membuat karya tulisan,  tetapi lihat manfaat yang bisa Anda dapatkan. Pertama, Anda menjadi terbiasa membuat tulisan karena adanya tenggat waktu yang ditentukan. Pembatasan jumlah halaman, kata atau karakter juga menjadi bagian dari proses belajar bagaimana dengan keterbatasan yang ada kita dituntut kreatif membuat karya yang bagus dan menarik. Di sinilah seorang penulis diuji untuk menghasilkan karya terbaiknya. Sambil menunggu pengumuman hasil lomba, buatlah lagi karya yang baru yang kelak bisa Anda kirimkan ke media bahkan penerbit major impian.
        Jika kita sudah terbiasa menulis, belajar menerima masukan dari teman, memperbaiki kekurangan yang kita miliki, membangun pertemanan dengan baik, saya yakin Anda sudah siap menjadi seorang penulis dengan karya yang layak dibaca banyak orang. Seluruh pembaca di tanah air bisa jadi sedang menantikan karya Anda.
       Hugh Allen, seorang musisi Inggris berkata : Meloncat dari satu kesempatan kecil ke kesempatan kecil lain membuat kita mencapai tujuan lebih cepat daripada menunggu kedatangan kesempatan besar. Karenanya mulailah berburu kesempatan itu dan bersiaplah menjadi sukses.

Semoga bermanfaat

Admin RBPI


Silakan share Notes ini dan ajak teman-teman Anda bergabung dengan grup Inspirasi-Ku di http://www.facebook.com/groups/301946559849517/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar