INGATKAH KAU, IBU?

karya : Gianita Indah Diputri


Ibu, ingatkah engkau saat aku menjadi pemberontak di masa remajaku? Ingatkah engkau saat aku melawan semua perkataanmu demi membela kepentingan teman-temanku? Dan ingatkah engkau betapa terpuruknya aku ketika mereka mengucilkanku dan menggunjing di belakangku? Mengapa kau malah menghiburku saat itu? Mengapa tak kudengar kau berkata “Apa Ibu bilang, kamu ga mau nurut sih”?
Ibu, ingatkah engkau ketika aku dinikahi oleh pria pilihanku di mesjid depan rumah itu? Ingatkah kau menangis tersedu-sedu karena harus melepaskanku? Dan ingatkah kau betapa aku mengatakanmu cerewet karena selalu saja mengingatkanku untuk membuatkan minum suamiku sepulangnya bekerja? Mengapa kau masih saja menganggap aku gadis kecilmu?
Dan Ibu, ingatkah engkau betapa senangnya dirimu mengetahui kehamilanku? Ingatkah betapa sibuknya dirimu masak ini itu supaya aku berselera untuk makan? Ingatkah betapa khawatirnya dirimu menjelang proses bersalin, betapa kau tak pernah pergi dari sisiku, memegang erat tanganku dan membacakan dzikir-dzikir di telingaku? Mengapa kau tampak khawatir sekali ketika itu? Mengapa kau terus menciumiku setelah aku berhasil melahirkan cucu pertamamu?
Ibu, tak pernah bisa kumengerti dalamnya kasih sayangmu. Tak pernah bisa kumengerti alasan kau mencintaiku. Dan tak pernah bisa kubalas semua itu sampai kapan pun. Aku sangat menyayangimu, Ibu. Kaulah anugerah terindah dalam hidupku.

Nama Ibu       :  Nia Karwati (0852-5072-2345)
Alamat Ibu     :  Juanda 8, Jalan Rotan Segah No. 2 Kelurahan Air Hitam
   Samarinda – Kaltim 75124

Tidak ada komentar:

Posting Komentar