PENGUMUMAN NASKAH TERPILIH LOMBA MENULIS CERPEN EVENT 'HARI ANAK NASIONAL'

Bismillaahirrahmaanirrahiim,
Assalamualaikum wr. Wb,
Sahabat Pustaka Inspirasi-ku....

Wah ...... pagi-pagi begini pasti sudah mulai nongkrongin grup kalian yang full inspiratif ini ya...

Hemh, pastinya, soalnya hari ini tibalah tugas admin untuk mengumumkan para penulis terpilih dari event Lomba Menulis Cerpen bertema Hari Anak Nasional (HAN) yang sebulan lalu digelar di grup ini.

Dewan juri yang terdiri dari 3 orang,  yaitu Ceu Komala Sutha, Teh Nina Rahayu Nadea dan Kang Aming sepakat bahwa 63 naskah yang masuk merupakan naskah-naskah yang hebat.

Tema-tema yang diangkat dalam naskah peserta lomba cukup beragam, tetapi semuanya memiliki benang merah yang sama, yaitu tentang dunia anak. Meskipun panitia sudah menetapkan bahwa cerpen yang dicari bukanlah cernak alias cerpen anak ‘murni’, tetapi karena beberapa diantara cerpen anak yang masuk memiliki kisah unik dan berbeda, panitia juga mempertimbangkannya untuk mendapat kesempatan menjadi bagian dalam buku ini. Sejauh temanya tentang anak, dunia anak dengan segala problematika yang dihadapinya dewasa ini, apalagi menggunakan pilihan kata dan cara penyampaiannya yang enak, cerpen itu mendapatkan kredit point tersendiri.

Dan sesuai dengan kebijakan panitia, 20 naskah sudah dipilih. Tetapi karena satu dan lain hal panitia akan melakukan proses editing terhadap beberapa naskah yang terpilih mencakup EYD, tata letak kalimat, diksi, dll, dengan tidak mengubah isi dan pesan moral yang dikandung (Beberapa penulis mungkin pernah dihubungi untuk hal ini). Sebagian naskah lain bahkan tidak mengalami proses editing sama sekali karena dirasa memang tidak perlu.

Dan …. ini dia 20 naskah yang akan dibukukan bersama 3 naskah dari dewan juri :

1              Untuk Dunia yang Tak Pernah Aku Pahami - Sindi Malika
2              Parjo - Zahra Qomara
3              Sebuah Gang Sebuah Cerita - Junita Susanti
4              Ajari Anakmu dengan Sastra - Remunggai M
5              Kenapa Jagoanku Berbeda - Petra Shandi
6              Bocah Bintan - Riana yahya
7              Anak-anak Ojek Payung - Nanakoha
8              Wanita Sempurna - Ayesha Syarif
9              Aida Sayang Mama - Ariany Primastutiek
10           Biji Tasbih Bara Aspal - Sandza
11           Mimpi yang Hilang  - Sukamto Prasetyo
12           Ironi Anak Negeri - Vinny Erika Putri
13           Menjemput Purnama - Muhammad Abdurrahman
14           Kado Pertama dan Terakhir - Vian
15           Berjanjilah pada Ibu, Nak! - Aimatul Hidayah
16           Catatan Ganef untuk Langit - Endang SSN
17           Bocah Penantang Matahari - Roma DP
18           Mukena Baru untuk Rani - Fanny YS
19           Kotak Amal - Johar Dwiaji Putra
20           Balada Korban Penculikan - Fauziah Abdul Aziz

Dua naskah yang menjadi pilihan favorit dewan juri dan mendapatkan masing-masing 1 buah buku terbit ialah :
Kenapa Jagoanku Berbeda - Petra Shandi
Wanita Sempurna - Ayesha Syarif 

Dan untuk semua kontributor akan mendapatkan discount pembelian buku di RBPI sebesar 25% untuk 2 kali transaksi. Voucher discount ini bisa dimanfaatkan s/d akhir bulan Juli 2012.

Selamat untuk naskah yang lolos. Dan kami berharap sahabat-sahabat lain yang naskahnya belum terpilih, tidak berkecil hati. Masih banyak kesempatan untuk mengikuti event lainnya di grup ini.

Terima kasih banyak kami haturkan untuk para dewan juri yang telah meluangkan waktunya membaca secara berulang-ulang semua naskah sehingga terpilih 20 naskah terbaik.

Catatan :
Sebagai informasi lanjutan, Insya Allah,  rencananya pada akhir bulan ini naskah akan dikirim ke penerbit Leutikaprio. Dan mudah-mudahan sebelum tanggl 23 Juli 2012 sahabat sudah bisa memesan bukunya ke penerbit, atau melalui Rumah Buku Pustaka Ilmu. Khusus untuk kontributor yang membeli buku  ini melalui RBPI akan mendapatkan discount 30%, belum termasuk ongkos kirim (selama persediaan masih ada).

Sedangkan untuk perhitungan Royalti dll, akan dibahas di forum khusus. Kepada naskah favorit tolong inbox alamat (Indonesia) ya..

Sekali lagi selamat, semoga karya sahabat bisa memberikan inspirasi untuk para pembaca, para orangtua yang memiliki anak atau yang sedang menantikan kehadiran buah hati mereka, dan khususnya untuk Anak-anak Indonesia yang kita cintai.

Salam
RBPI – KA
Dewan juri :
Komala Sutha
Nina Rahayu Nadea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar