BERBAGI PENGALAMAN DALAM MENULIS NOVEL :NANING PRANOTO


Oleh-oleh dari saya saat mengikuti Kegiatan “Diskusi Sastra Perempuan dalam Fiksi dan Workshop Menulis Novel” dengan Tutor Bu Nuning Pranoto
Karena banyak saya posting per materi aja ya?

Sekilas: Pengertian Novel

Definisi novel? Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan, novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangakaian cerita kehidupan seseorang dengan orang-orang di sekelilingnya, menonjolkan perilaku, watak,dan sifat setiap pelakunya.
Menurut teori Creative Writing, novel merupakan karya fiksi yang panjang, disajikan dengan system narasi dan dialog, berisi permasalahan (konflik yang disajikan) lebih kompleks daripada cerita pendek (cerpen).  Ada dua jenis novel, yaitu novel pendek disebut novelet dan novel panjang lazim disebut novel.
Novel pendek atau novelet terdiri dari 25.000-35.000 kata.   Sedangkan novel panjang terdiri dari 50.000 hingga ratusan ribu kata.  Novel yang ideal cukup terdiri dari 35.000-90.000 kata.  Novel Sekuntum Roh dalam Merah yang menyertai teks ini terdiri dari 60.000 kata, tidak termasuk daftar isi tentunya.
Materi novel dapat dikembangkan dari cerpen yang terdiri dari 3.000 -5.000 kata.  Sedangkan cerpen mini yang disebut Flash hanya terdiri dari 100-750 kata.  Meskipun sangat pendek, cerita yang disajikan tidak selalu sederhana.  Bahkan sastrawan agung Rusia-Anton Chekhov mampu menulis cerpen hanya terdiri dari puluhan kata, tapi sangat filosofis.   Untuk menikmati karya cerpen Anton Chekhov, bisa dicari di google.com lalu telusuri List of Short Stories by Anton Chekhov.  Yang paling komplit ada di Wikipedia.
Novel berasal dari kata novella- bahasa Italia yang berarti sebuah kisah.  Ada sekitar 13 jenis novel. Namun yang dibahas dalam buku ini adalah kisah yang diangkat dari realita kehidupan atau disebut novel realitas.   Novel jenis ini termasuk dalam genre novel modern (Fact-Fiction), ilustrasi penciptaannya sebagai berikut :





                                              Pengendapan dan mengolah ide

                                                                                                       Proses kreatif menulis



 
                                                         Ide realitas sekitar kita

Agar pengolahan ide dapat sematang mungkin dan menghasilkan plot yang mengalir, perlu mengajukan pertanyaan dengan rumus 5W (Who,What,When,Where,Why) +1H( How) .  berikut ini paparannya.

  • Who? Character –Siapa saja pelakunya
  • What? Story and conflict – Cerita apa yang disajikan dan bagaimana konfliknya?
  • When? Time (Setting) –Kapan terjadinya cerita tersebut?
  • Where? Place /location ( Setting) – Di mana saja berlangsung cerita tersebut?
  • Why? Character’s motivation- Mengapa? Apa motivasi para pelakunya berbuat demikian?
  • How? Resolve its conflict – Bagaimana mengatasi konflik yang ada?
  • Ending cerita

Jawablah pertanyaan tersebut dengan yakin.  Kemudian dilanjutkan dengan Plotting.  Duduk tenang penuh konsentrasi dan siapkan kertas serta pena untuk melakukan Plotting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar